31 Okt 2014

0
Komentar

Mengenal AVRDude

Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Curhat sedikit: Saya mulai mengenal GNU/Linux sejak SMK. Berawal dari saran seorang sahabat saya, GNU/Linux pertama saya adalah OpenSUSE. Seiring waktu, ketertarikan mengenai GNU/Linux semakin besar. Sampai sekarang, saya sudah menggunakan GNU/Linux lebih dari 3 tahun.

Kebetulan saat itu saya sedang asik-asiknya mempelajari mikrokontroler AVR. Dan sudah terlanjur terbiasa dengan CodeVision. Singkatnya, saya mencoba menjalankan CodeVision di GNU/Linux dengan bantuan Wine.

Saya dapat membuat program dan melakukan compile dengan Codevision + Wine. Hanya saja karena keterbatasan pemahaman dan pengalaman, saya tidak tahu bagaimana cara burning file hasil compile (*.hex) ke mikrokontroler AVR di GNU/Linux. Setelah mencoba mempelajari dari berbagai macam sumber, saya mengenal AVRDude.

screenshot-codevision-linux
Running Codevision dengan Wine
Apa itu AVRDude?
Secara sederhana adalah software/tool untuk memprogram memory Flash maupun EEPROM pada Mikrokontroler AVR. Juga dapat digunakan untuk program Fuse dan Lock Bits yang biasa digunakan untuk clock setting.

Jadi untuk melakukan flashing file *.hex ke mikrokontroler AVR, bisa menggunakan AVRDude.
Langkah-langkahnya akan dijabarkan di poin selanjutnya.

1. Install AVRDUDE
Dibawah ini adalah perintah untuk melakukan instalasi AVRDude di GNU/Linux. 
sudo apt-get install gcc-avr avr-libc uisp avrdude

Untuk pengguna Windows, bisa melakukan instalasi dengan download executable filenya disini:

Dan untuk memastikan bahwa AVRDude telah terinstall, ketikkan perintah "avrdude" di terminal/cmd. Harusnya akan tampil pesan seperti berikut ini :

Avrdude telah terinstall
2. Cara Burn/Upload File .hex
Disini saya menggunakan USBASP sebagai downloader, dan ATmega8 sebagai target. File hasil kompilasi saya namakan file.hex. Untuk mengupload hasil program ke AVR, dapat menggunakan perintah dibawah :
sudo avrdude -F -V -c usbasp -p ATmega8 -P usb -U flash:w:file.hex

Proses upload file hex ke MCU sukses

Penutup
Sekian post singkat kali ini. Apabila ada kesulitan, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar.
Semoga kita selalu diberi kesehatan oleh Allah agar dapat terus menuntut ilmu dan mengamalkannya.

</zep>

Feel free to discuss | Berikan tanggapanmu!

Posting Komentar