20 Agu 2012

7
Komentar

Tips Trik Mendesain Background

Buat kamu juga nih yang seneng utak-atik desain web/blog. Saya mau share sedikit pengalaman otodidak saya sebagai desainer web amatiran.

Jujur aja saya sering 'kurang' betah diweb yang backgroundnya amburadul. Ya, ini mungkin juga terjadi dengan pengunjung lainnya. Misal warna font sama backgroundnya mirip-mirip, kan kasian yang baca :D  Berikut ini tips trik dari saya seputar masalah background:

1. Rencana
Rencanakan dulu desain kita. Dari berbagai sumber yang saya dapat, background bisa dibagi ke beberapa bagian. Misal konten (posting, dsb) dan body (keseluruhan, <body> -- red). Disini ada 2 opsi menurut saya, yang tentunya bisa kita improvisasi sendiri. Misalnya:

> Background body dengan konten jadi satu


> Background kontras antara body dengan konten
Ini style yang saya gunakan.



2. Tentukan Tema
Sebelum perjalanan makin jauh, tentukan temanya. Kita lihat dulu kebutuhan desain web kita, apakah butuh background yang simpel, penuh warna, kontras, dst. Kedua, pilih background yang benar-benar menononjolkan brand kita, contoh web kita isinya produk kecantikan wanita, background harus identik dengan feminim; misal warnyanya didominasi dengan pink atau merah. Beda lagi kalau tentang otomotif misalnya, kita butuh warna yang lebih 'macho' seperti abu-abu atau hitam biar terkesan 'gagah' dan 'mewah'. Lihat contoh web dibawah ini. Dengan melihat backgroundnya kita bisa mengetahui tujuan situs tersebut.


3. Ukuran!
Seheboh-hebohnya background, jangan sampai melupakan ukurannya. Ukuran lebar x tinggi, dan ukuran file tentunya. Nah perlu diperhatikan, ukuran standar monitor yang biasa digunakan adalah 1024x768 px. Tapi untuk ukuran 1366x768 px mulai menanjak pesat akhir-akhir ini, statistik dibawah bisa menjadi rujukan:


Biar aman, gunakan saja 1024x768 px. Jadi persiapkan background yang sekiranya tidak 'pecah' jika dibuka dengan layar yang berukuran besar. Berikut ini sedikit tips dan trik dari web designer kelas atas: http://css-tricks.com/perfect-full-page-background-image/

4. Ikuti Trend!

Untuk mencari inspirasi bisa dengan mengunjungi situs web designer yang sudah pro, Misalnya Web Creme, Smashing Magazine, Codrops, dan lain sebagainya. Hal ini memungkinkan kita agar selalu up-to date dengan trend.
+ Coba baca: http://tympanus.net/codrops/2012/ 08/17/creative-background-styles-and-trends-in-web-design/
- - - - -

Nah sekian dan Keep in touch !

</zep>

Ada 7 tanggapan | Berikan komentarmu!

  1. wahh keren nihh..mkasi udah dishare :)

    BalasHapus
  2. blog ente saya suka sekali desain template-nya, lain dari pada yang lain.. :)

    BalasHapus
  3. kalau aku jujur aku lebih suka blog yang standar aja seh.. yang standar wp atau blogspot gitu deh.. ya tapi orang kan sukanya beda beda yak :D

    tapi designmu ini keren kok :)

    BalasHapus
  4. Anonim17.3.13

    Wahh MUANTEB Benerr Nih !!!

    Kayaknye ane harus cari background baru :P

    BalasHapus